Selasa, 31 Juli 2012

Rencana Pembelajaran (satuan pelajaran)

Rencana Pembelajaran (satuan pelajaran)
RPP

Nama Sekolah           :  SDN Misal 01
Mata Pelajaran          :  Seni Rupa
Kelas                          :  II ( Dua )
Semester                    :  2 (Dua)
Alokasi Waktu          :  2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
 

A.    Standar Kompetensi
1.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B.     Kompetensi Dasar
9.3 Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
C.     Indikator
Membuat gambar dengan teknik cetak
Menggunakan bahan alam sebagai alat cetak
Menggunakan cat warna yang menarik
Mengembangkan kreativitas berkarya
D.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat gambar dengan teknik cetak
Siswa dapat menggunakan bahan alam sebagai alat cetak
Siswa dapat menggunakan cat warna yang menarik
Siswa dapat mengembangkan kreativitas berkarya
E.      Materi Ajar
Cetak Tinggi
F.      Metode Pembelajaran
Ceramah
Expressi bebas
Kelompok
G.    Langkah - langkah Pembelajaran
1.      Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas
2.      Memahami tentang unsur rupa
3.      Siswa membuat sebuah karya dengan teknik cetak timbul, guru membimbing.
4.      Siswa membuat catatan, rangkuman, kesimpulan dan mengerjakan sosl-sosl evaluasi.
H.    Sumber Belajar ,Media Belajar dan Rujukan
Buku Seni Budaya dan Keterampilan SD Kelas 2
Referensi lain yang relevan
I.       Penilaian Hasil Belajar
Portofolio
Aspek :
Nama:
Sub Aspek:
Tanggal:
Kelas/ Semester:
Waktu:
1.      Permasalahan : bagaimana cara menggambar dengan  teknik cetak?
2.      Jawaban sementara : ........................................................................................
3.      Petunjuk :
a.      Siapkan alat dan bahan serta buku gambarmu!( daun tumbbuhan, tinta, kuas)
b.      Petiklah bermacam bentuk daun! Bersihkan bagian permukaan yang akan dijadikan alat cetak dengan kain.
c.       Poleslah daun dengan warna atau tinta, gunakan kuas agar rata.
d.      Capkan pada kertas gambar perlalan, dengan sedikit ditekan.
e.       Angkat daun hati-hati. Kemudian lihat gambar hasil cetakan.
J.       Lampiran
Skor
Skor
Aspek yang dinilai
Nilai
Nilai ahir
Tanda tangan
Guru
Orang tua
A: 8,5-10
Kebenaran objek




B: 7,5-8,4
Warna Cetak




C: 6,5-7,4
Kebersihan




D: 0-6,4
Hasil keseluruhan





Mengetahui
Kepala Sekolah


NIP………………………
Misal, .........................2012
Guru Kelas


NIP. ……………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar